absensi online |
Aplikasi Data Hadir Guru dan Tenaga Kependidikan atau D.H.G.T.K tahun 2018 sudah bisa dipergunakan untuk memonitor kehadiran Guru dan Tenaga Kependidikan disekolah. Aplikasi ini terkoneksi langsung dengan data Dapodik versi 2018a, sehingga bagi sekolah yang hendak menginputkan daftar hadir Guru dan Tenaga Kependidikannya harus melakukan sinkronisasi terlebih dahulu aplikasi Dapodik versi 2018.a agar nantinya data yang masuk ke laman D.H.G.T.K adalah data yang terbaru.
Cara menginput daftar hadir guru tenaga kependidikan secara online:
· Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diperlukan karena sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya bisa dijalankan jika kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online.
·Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi link http://223.27.144.195:2017 untuk menampilkan bagian halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda dapat menggunakan berbagai browser sebagai media untuk membuka laman seperti chrome dan mozilla
· Langkah berikutnya adalah silahkan anda login aplikasi dengan menggunakan user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan kode yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut. Atau jika anda sebagai kepala sekolah, silahkan anda login dengan menggunakan userid kepala sekolah yang sudah terdaftar di aplikasi dapodik. Perhatikan langkah pada gambar berikut:
komputer sambung wifi |
· Siapkan perangkat komputer atau laptop yang terkoneksi dengan jaringan. Hal ini diperlukan karena sistem aplikasi D.H.G.T.K hanya bisa dijalankan jika kondisinya perangkatnya terkoneksi dengan jaringan atau online.
masuk DHGTK |
·Langkah kedua yang harus dilakukan adalah silahkan kunjungi link http://223.27.144.195:2017 untuk menampilkan bagian halaman aplikasi D.H.G.T.K. Anda dapat menggunakan berbagai browser sebagai media untuk membuka laman seperti chrome dan mozilla
· Langkah berikutnya adalah silahkan anda login aplikasi dengan menggunakan user dan pasword dapodik serta tidak lupa masukkan kode yang tertulis pada gambar yang tampil pada laman tersebut. Atau jika anda sebagai kepala sekolah, silahkan anda login dengan menggunakan userid kepala sekolah yang sudah terdaftar di aplikasi dapodik. Perhatikan langkah pada gambar berikut:
masuk pakai user pasword |
Keterangan Gambar
1. Silahkan masukkan no
NPSN sekolah anda
2. Silahkan inputkan user
dapodik atau user kepala sekolah jika posisi anda sebagai kepala sekolah.
3. Silahkan inputkan
pasword dapodik atau pasword userid kepala sekolah
4.
Masukkan kode yang
tertulis pada gambar diatas.
·
Setelah anda berhasil
login, maka anda akan menjumpai halaman beranda aplikasi D.H.G.T.K. Pada
halaman ini anda hanya menjumpai data profil sekolah, data pengguna, serta
diagram kehadiran guru baik dalam satu bulan berjalan maupun diagram kehadiran
guru dalam beberapa bulan. Berikut ini kami contohkan halaman beranda dari
D.H.G.T.K:
kehadiran |
Keterangan Gambar:
1.
Gambar yang
ditunjukkan pada nomor satu merupakan gambar yang menampilkan profil sekolah.
2.
Gambar yang
ditunjukkan pada nomor dua merupakan gambar yang menampilkan profil data
pengguna.
3.
Gambar yang
ditunjukkan pada nomor tiga merupakan gambar yang menampilkan diagram kehadiran
guru dalam satu bulan berjalan dan,
4.
Gambar yang
ditunjukkan pada nomor empat merupakan gambar yang menampilkan diagram data
kehadiran guru dalam beberapa bulan
· Langkah berikutnya
adalah silahkan anda klik menu kehadiran yang terletak di sebelah kanan
beranda. Pada menu kehadiran, anda akan disajikan sebuah notifikiasi yang
tertulis " Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan
template kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah.
Klik tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok)
jika anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama
anda belum memiliki kalender sekolah". Dalam hal ini sebaiknya anda mengubah format
kalender pendidikan seuai dengan kalender pendidikan sekolah. Untuk mengubah template kalender, anda dapat
menggunakan menu yang terletak dibawahnya yaitu menu tambah baru, menu hapus
semua dan menu show template.
1.
Untuk membuat template
baru, silahkan klik menu tambah baru
2.
Untuk menghapus semua
template yang disediakan, maka klik hapus semua. Untuk sementara ini, menu ini
belum berfungsi dengan baik, sehingga ketika kita klik hapus semua, template
bawaan masih tampil dihalaman. Solusinya adalah hapus template satu persatu
dengan memilik template lalu klik hapus.
3.
Untuk menampilkan
template yang sudah dibuat, maka silahkan anda klik show template.
Lalu bagaimana membuat template baru? berikut
ini juga kami sajikan cara membuat template baru pada laman D.H.G.T.K tahun
2018:
·
Persiapkan data
kalender pendidikan sekolah anda.
·
Klik menu tambah baru
yang terletak dibagian bawah menu kehadiran
·
Setelah anda menjumpai
form isian tambah kalender, anda diminta memilih jenis libur, lalu inputkan
mulai tanggal libur dan sampai tanggal libur. Anda juga dapat menambahkan
keterangan jenis libur dibagian form isian keterangan, lalu klik simpan dan
ok!. Berikut ini adalah contoh tambah kalender berdasarkan kalender pendidikan
yang sekolah kami miliki:
a.
Libur semester satu
b.
Libur akhir
tahun
c.
Libur
Nasional
Libur Nasional dalam
Rangka HUT-RI
·
Libur Hari Besar Agama
dalam rangka Hari Raya Idul Adha 1438H
·
Libur Hari Besar Agama
dalam Rangka Tahun Baru Islam 1439H
·
Iibur Hari Besar Agama
dalam rangka Maulid Nabi Muhammad SAW
·
Libur Hari
Besar Agama dalam Rangka Hari Raya Natal
·
Libur Cuti Bersama
Gambar yang ditampilkan diatas adalah contoh
template kalender sekolah yang sudah kami ubah berdasarkan kalender pendidikan
yang kami miliki, anda dapat meneruskannya hingga satu tahun pembelajaran
penuh. Caranya sama yaitu hanya klik tambah baru, lalu pilih jenis libur, mulai
tanggal, sampai tanggal lalu keterangan dan jangan lupa untuk disimpan. Setelah
terbentuk template Kalendernya, maka anda tidak lagi melihat notifikasi
kalender Anda belum memiliki kalender sekolah. Anda dapat menggunakan template
kalender pendidikan yang ada dan disesuaikan dengan kalender sekolah. Klik
tombol biru (ok) jika anda ingin menggunakannya, klik tombol merah (ok) jika
anda tidak mau menggunakannya. Template ini akan selalu keluar, selama anda
belum memiliki kalender sekolah". Anda akan melihat tampilan template
kalender yang sudah anda buat seperti gambar berikut:
· Langkah berikutnya
setelah anda selesai membuat template kalender, silahkan anda inputkan daftar
kehadirannya dengan cara pilih semester, pilih nama PTKlalu checklist apabila
PTK tersebut hadir dan unchecklist apabila PTK tersebut tidak hadir.
keterangan gambar:
1. Pada gambar yang ditunjukkan nomor
satu, silahkan pilih semester
2. Pada gambar yang ditunjukkan nomor dua,
silahkan anda pilih bulan sekarang
3. Pada gambar yang ditunjukkan nomor tiga,
silahkan pilih nama PTK yang akan diceklist data kehadirannya
4. Pada gambar yang ditunjukkan nomor empat,
silahkan ceklist hari dimana PTK tersebut masuk dan uncheklist bagi PTK yang
tidak masuk (ditunjukkan pada nomor lima)
· Langkah berikutnya adalah
silahkan klik menu simppan dan refresh dimana kedua menu ini sudah tersedia
dilaman terseb
· Bagi PTK yang tidak
masuk karena izin/sakit/tugas luar, maka kita diminta menginput surat
izin/sakit/tugas luar dengan form yang sudah disediakan. Berikut ini adalah
contoh surat ijin dari dinas karena tugas luar, beserta cara penginputannya di
aplikasi terseb
- Siapkan berkas surat ijin keluar. Anda dapat lihat contoh berkasnya dibawah ini:
· Silahkan input data
surat ijin berdasarkan data yang sudah dipersiapkan. Adapun data yang harus
diinput adalah
o
Nomor Surat Izin
o
Prihal Surat
o
Tanggal Surat
o
Ditandatangani
oleh
o
NIP Penanda
tangan
o
Jabatan
o
Jenis Izin ( jenis
izin disini berupa izin sakit, izin, tugas keluar, cuti tahunan, xuti besar,
cuti sakit, cuti melahirkan, cuti karena alasan penting, cuti bersama dan cuti
diluar tanggungan negara)
o
Mulai tanggal
o
Selesai tanggal
o
Keterangan
bagi anda yang sudah menyiapkan berkas surat
tugasnya, anda dapat menginputkan data seperti alur yang digambarkan diatas.
Inputkan Nomor surat tugas, kemudian inputkan prihal surat, tanggal surat,
ditandatangani oleh siapa dalam surat tersebut, jabatan si penandatangan
sebagai apa, NIP Penandatanganny juga harus diniputkan, jenis surat harus
dipilih, mulai tanggal dan selesai tanggal juga harus diinputkan. setelah
selesai simpan dan kemudian direfresh
Demikian cara input daftar hadir guru tenaga kependidikan dari saya ,semoga bermanfaat
EmoticonEmoticon